1.
Komunikasi
à adanya fasilitas dan media yang
memungkinkan terjadinya pertukaran informasi, layanan, transaksi elektronik
(pemesanan dan pembayaran secara elektronik) dan perpindahan barang dari
penjual ke pembeli.
2.
Komersial
à adanya sistem yang melaksanakan
transaksi online mulai dari promosi barang,
pemesanan barang, pembayaran dan
pengiriman barang. Pelanggan cukup melihat dari website jenis barang,
spesifikasi dan harga barang, untuk pemesanan dilihat dari stok barang yang
ada,untuk pembayaran sistem shopping online harus terhubung dengan otorisasi
pembayaran (pihak bank).
3.
Proses bisnis àSetiap pelaku e-Business yang ingin
melalukan transaksi elektronik dan mendapatkan manfaat semaksimal
mungkin dari e-Business harus
melakukan
optimalisasi proses bisnis internal dengan
memanfaatkan teknologi informasi agar aliran informasi, transaksi, maupun lama
pengiriman barang menjadi dipersingkat, biaya transaksi menjadi lebih ekonomis
jika dibandingkan dengan perdagangan
yang dilakukan secara tradisional.
4.
Layanan
à Bagi
setiap institusi yang menjadi pelaku e-Business, penggunaan teknologi informasi
dan internet seharusnya menjadikan layanan ke customer menjadi lebih baik,
lebih ekonomis, dan lebih terjangkau.
5.
Learning à Untuk
meningkatkan awareness baik diantara pengguna maupun pelaku e-Business, proses
edukasi sangat penting agar semakin banyak anggota masyarakat yang menyadari
manfaat dan kelebihan
dari transaksi online.
6.
Kolaborasi
à adanya kerjasama dengan pihak lain
(stakeholder) pada setiap transaksi yang terjadi.
7.
Komunitas à Dalam
dunia maya (world wide web) komunitas merupakan salah satu indikator untuk
mengukur aktifitas pengguna. Dalam e-Business, komunitas merupakan media yang
cukup penting untuk belajar dan memperbaiki diri secara terus menerus baik dari
sisi pelaku maupun pengguna dalam hal produk, layanan, maupun mekanisme
transaksi.
0 komentar:
Posting Komentar