Untuk
meningkatkan kemungkinan sukses dalam e-Business dan mengurangi resiko
kegagalan maka langkah pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan identifikasi
faktor sukses,
yaitu :
a. Biaya (cost) àE-Business perlu menjamin
terjadinya cost efficiency melalui efisiensi waktu atau volume penjualan yang
lebih besar dengan melakukan optimasi pada proses logistik langsung dari
warehouse ke pembeli.
b. Komersial àMemaksimalkan keuntungan
(profitabilitas) dilakukan dengan melakukan reengineering seluruh proses bisnis
sehingga selain menurunkan biaya operasional juga meningkatkan kepuasan
pelanggan dan pada akhirnya menaikkan volume penjualan.
c. Konten àInformasi tentang produk atau
layanan, berita yang selalu up to date, informasi yang berguna misalnya tip,
advice, variasi produk atau layanan pendukung yang dibarengi dengan kualitas
produk dan layanan yang prima sehingga pelanggan merasa dilayani secara
personal merupakan kunci sukses utama.
d. Komunitas àKomunitas merupakan media tempat
pertukaran pengalaman, membentuk interest group sehingga menjadi sarana yang
efektif untuk membentuk opini pelanggan, membangun permintaan (generate demand)
dan melindungi kepentingan pengguna maupun pelaku.
e. Kenyamanan àKenyamanan dalam melakukan
transaksi online merupakan salah satu kunci sukses. Navigasi yang mudah, cepat,
dan informatif akan membuat pengguna menyukai cara bertransaksi online.
Sedangkan kerumitan nagivasi yang memerlukan beberapa kali klik dan tidak memberikan
petunjuk yang mudah dan cepat bisa menyesatkan pengguna dan membuat pengguna
tidak kembali lagi.
f. Konektifitas àKetersediaan koneksi yang cepat
juga merupakan faktor penentu kesuksesan transaksi online. Respon yang cepat
dan tidak terputus akan membuat pengguna merasakan manfaat yang nyata dari
e-Business.
0 komentar:
Posting Komentar