Teknologi
Informasi juga mengubah cara kerja manusia, cara memproduksi, cara
mengkoordinasi, cara berpikir dan perubahan-perubahan besar telah terjadi
melalui pemanfaatan teknologi informasi di dalam berbagai sistem bisnis dan
organisasi.
Dengan
perubahan tersebut, struktur dan budaya organisasi juga disesuaikan untuk
meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam setiap proses bisnis yang pada
akhirnya akan menghasilkan budaya dan struktur organisasi baru yang lebih
efektif dan efisien.
Strategi TI diperlukan untuk:
1.
Pengetahuan mengenai teknologi baru
2.
Dilibatkan dalam perencanaan taktis dan strategis
3.
Dibahas dalam diskusi perusahaan
4.
Memahami kelebihan dan kekurangan teknologi
Kehadiran
teknologi informasi telah mengurangi intensitas tatap muka yang terjadi dalam
organisasi.
O`
Connell dalam penelitiannya memberikan empat hipotesis yang berhubungan dengan
peranan teknologi dan pengaruhnya dalam komunikasi organisasi:
1.Kesempatan untuk hubungan tatap
muka akan hilang dan informasi berdasarkan isyarat nonverbal berkurang.
2.Akan lebih banyak pesan-pesan
informal dan memotong hierarki karena pembenaran terhadap format baru yang
muncul sebagai proses alamiah jaringan elektronik
3.Kepercayaan akan mempunyai peranan
yang berbeda dalam komunikasi
4. Harapan akan kinerja adalah
berdasar pada kondisi machine driven
0 komentar:
Posting Komentar